Langsung ke konten utama

Situasi Desa Di Tengah PSBB


Sutrino, S.E _ Sekretaris Desa Jati Mulyo, Lampung Selatan

Situasi Desa Di Tengah PSBB

Negara kepulauan terbesar di dunia yaitu Indonesia termasuk wilayah persinggahan virus corona atau yang juga dikenal sebagai covid 19. Virus ini merupakan famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Kota Wuhan, provinsi hubei, tiongkok  pada bulan desember tahun 2019 telah ditetapkan oleh who sebagai wilayah pertama yang terdeteksi mengalami dampak luar biasa dari wabah ini.

Who pun telah menetapkan bahwa virus corona adalah pandemi dunia karena kota dan desa di berbagai benua telah mengalami kengerian dari makhluk tak kasat mata tersebut—tidak terkecuali desa jati mulyo, kecamatan jati agung, kabupaten lampung selatan.  Jumlah orang dalam pemantauan di lokasi tersebut ialah 135 orang.

Kata sekretaris desa jati mulyo yang bernama Sutrisno, S.E—
 “Kemarin ada tiga orang warga kita yang pergi ke daerah lain dan sekarang sedang menjalani tes atau pemantauan di rumah sakit kota baru. Pak kades sudah mengecek ke sana. Saat ini, tiga orang tersebut belum dibolehkan pulang karena harus menunggu hasil dalam waktu kurang lebih dua minggu.  

Aparatur desa jati mulyo pun sudah melakukan beberapa upaya yang sesuai prosedur. Mereka sudah menyemprotkan disinfektan di beberapa lokasi. Namun dampak negatif dari pandemi ini tidak bisa dihindarkan.  Sekretaris desa jati mulyo menjelaskan, “kegiatan ekonomi di pasar mengalami penurunan. Namun kendati demikian, kegiatan di sana masih tetap berlangsung karena yang  diperjual belikan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Tapi kalau untuk kegiatan pertanian, di desa ini masih berjalan seperti biasa.

Pelayanan aparatur desa jati mulyo kepada masyarakat pun, saat ini masih berlangsung. Memang jumlah warga yang datang tidak seramai ketika negara belum terserang wabah. Saat ini, yang datang kebanyakan adalah mereka yang mengurus surat keterangan. Dari penjelasan sekretaris desa, tujuan orang-orang  yang datang ke sini untuk mengurus surat keterangan tidak mampu—yang diperuntukkan kegiatan pendidikan.





Ekonomi berdampak. Terutama pedagang  di pasar
Tapi kalau petani biasa-biasa saja
Jumlah odp 135
Kegiatan  kantor desa berjalan normal warga ke kades normal
Sekdes, warga yang datang tidak begitu ramai tapi ada beberapa yang datang untuk membuat surat keterangan tidak mampu untuk kuliah.
Untuk bantuan sementara hanya obat-obatan saja


Desa jati mulyo sendiri sudah mengu
Antisipasi desa ialah penyemprotan disinfektan
Kaitan dengan yang lain. Kata sekdes, alhamdulilah, kemarin ada warga kita yang pergi ke daerah yang lain sekarang sedang menjalani tes PDP di rumah sakit kota baru tiga orang.
Sekdes, pak kades sudah mengecek ke sana jadi sementara belum bisa pulang karena harus menunggu 14 hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Keluarga Besar Flu

Dampak Keluarga Besar Flu Hari ini di kota kita tercinta yang bernama bandar lampung— masih saja dihantui wabah virus yang berasal dari kota wuhan, hubei, tiongkok. Kelompok virus ini dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia termasuk manusia. Jika kalian belum mengenal ciri-cirinya— ada beberapa perbedaan pada hewan dan manusia. Contoh pada sapi dan babi ialah menyebabkan diara sedangkan pada unggas yaitu infeksi saluran pernapasan atas. Sedangkan pada manusia yakni berpotensi mengganggu sistem pernapasan sehingga timbul gejala pilek, batuk, demam, hingga kematian.   Tapi tahukah kalian minak muakhi seunyinni— Coronaviridae dan ordo Nidovirales ini telah memberi dampak negatif yang luar biasa. Hal ini dikarenakan tidak sekedar kesehatan tapi juga ekonomi.   Mulai dari pedagang makanan, pekerja seni hingga penyedia jasa pun merakan betul bagaimana magis nafas buruk dari kehadirannya. Lantas— Bagaimanakah kesaksian dari salah satu korban dari keganasan serangan

Puisi Muhammad Alfariezie

Kabar Buruk Angin Tenggara Jernih air sungai mengalir bagai ayun hijau muda dedaun, Seperti pucuk embun merah kekuning-kuningan Ikan-ikan riang berenang, buah-buah tumbuh di sisi-- sementara udin Ribuan duri menusuk-menusuk ususnya Sejak kolonial memerintah, hingga revolusi sampai reformasi, lalu Di era seribu lima ratus enam puluh sarjana hadir tiap tahun Tekhnologi serupa kaligrafi di marmer tuan li jai, dan Politik bagai batu kali sebagai roda penggerak kendaraan 2020

Puisi Muhammad Alfariezie

Bersamamu Seperti metafor yang membuat puisi senantiasa bagaikan dewa, kekasihku Ketika kau tulis rindu di dasar perasaanku             Burung-burung merdu bersahutan,              Dedaun berayun, dan embun              Merah kekuning-kuningan bagai nurani bayi berselimut mega, juitaku Jika kuhitung, maka Temanku lebih dari lima ribu enam ratus tujuh puluh sembilan, tapi Jika di antara mereka, sungguh aku Tidak seramai dan sebahagia ketika berdua denganmu 2020